Senin, 04 Maret 2019

Tips dan Trik menjadi Komikus

Bakuman, komik/manga yang menceritakan tentang komikus
  Anda pasti tahu komik, kan? Komik dapat diartikan sebagai sebuah bacaan yang isinya mengenai cerita bergambar. Jadi, Anda dapat mencerna sebuah cerita melalui panel-panel gambar yang dilengkapi dengan teksnya. Komik biasanya banyak digemari oleh kalangan anak-anak dan remaja karena alur ceritanya yang biasanya menarik. Mungkin Anda tidak hanya menyukai komik, tapi juga ingin membuatnya. Kali ini saya akan membagikan beberapa tips dan trik untuk menjadi seorang komikus.
1. Seringlah Menggambar
https://pembrokehouse.files.wordpress.com/2012/11/princesdrawingschool.jpg
Kita telah banyak mendengar orang yang mengatakan seberapa besar mereka ingin menjadi seperti beberapa seniman ternama tapi ternyata mereka tidak bersedia berusaha dalam menggapainya. Mulailah dengan mengetahui bahwa bakat bukanlah hal yang ditetapkan. Bakat berarti hubungan otak dan emosi anda untuk membuat anda mampu melakukan sesuatu tetapi tidak menentukan seberapa baik anda dapat melakukannya. Bakat anda dilahirkan dengan keterampilan. Bakat adalah apa yang anda peroleh dengan keringat. Jika anda ingin pandai menggambar anda harus lebih sering menggambar. Seni seperti keterampilan lainnya dapat dipelajari dengan melakukan latihan dan riset.
2. Membaca komik / manga
https://joyofandroid.com/wp-content/uploads/2018/09/manga-reader-featured-image.png
Jika anda ingin baik dalam karya anda, anda harus belajar dari karya orang lain. Dalam menggambar komik, mempelajari karya seniman besar sangat begitu berharga. Semua dari mereka yang telah menguasai seni bercerita ilustratif telah mempelajari komikus-komikus yang datang sebelum mereka. Para profesional memiliki latihan yang cukup, pengetahuan dan pengalaman untuk menguasai prinsip-prinsip seni buku komik dan dengan mempelajari mereka, anda akan belajar dari karya mereka juga.
3. Studi anatomi
http://fc06.deviantart.net/fs71/i/2012/281/1/1/male_anatomy_by_kankung-d5h65cs.jpg
Ketidakmampuan untuk menentukan proporsi tubuh yang tepat adalah “warning” bagi banyak calon seniman komik/manga. Mereka sering merasa sulit untuk mendapatkan panjang lengan, kaki dan dada dengan benar. Ini adalah masalah yang dapat diatasi dengan mempelajari anatomi. Carilah buku yang membahas anatomi dan belajar metode yang digunakan untuk proporsi. Anda akan mempelajari informasi penting seperti bagaimana menggunakan pengukuran untuk mendapatkan rasio tubuh yang tepat. Anda juga dapat mempelajari dari fotografi, majalah serta buku-buku komik/manga dan anda akan segera menemukan bentuk alami gambar manusia yang relevan.
4. Belajar seni bercerita
https://zuluomega.files.wordpress.com/2012/02/rakugo_lg1.jpg
Sebuah aturan sederhana untuk pemula adalah untuk tetap sederhana. Strategi ini adalah untuk menjaga panel sederhana dan langsung to the point. Gambar-gambar harus menerjemahkan naskah sedemikian rupa bahkan tanpa dialog, penampil mampu mendapatkan intisari dari apa yang tengah diceritakan oleh pengarang. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan membaca komik yang melakukan ini dengan baik. Lihatlah bagaimana panel disusun. Periksa sudut kamera yang menggunakan artis. Metode lain yang berguna adalah untuk mempelajari kerangka film rekaman frame by frame. Dengan melakukan ini anda akan melihat berbagai sudut kamera dan teknik sinematografi yang digunakan oleh pembuat film. Benar, film sangat mirip dengan komik. keduanya menggunakan gambar. Film menyebutnya frame tapi komik menyebutnya panel.
5. Penelitian dan referensi
https://zuluomega.files.wordpress.com/2012/02/1845312_100_1726.jpg
Ini selalu membantu untuk menggunakan bahan referensi ketika menggambar. Hal ini dibutuhkan terutama ketika anda sedang berusaha untuk menggambar sesuatu dengan detail teknis seperti mesin. Untuk membuat ini mudah, buatlah katalog gambar dari pesawat, kendaraan, bangunan dan barang-barang dari pakaian. Ini akan membantu untuk membuat seni anda akurat dan relevan.
6. Bentuklah sebuah team
http://thumbs.dreamstime.com/z/drawing-business-team-work-people-teamwork-cooperation-connection-33702862.jpg
Oke, katakanlah anda sudah mendapat nama dan ada yang memberikan pekerjaan membuat cerita komik. Membuat buku komik/manga seperti upaya kolaborasi. Hal ini penting untuk menjadi pemain tim. Editor cenderung meminta penyesuaian terhadap sebuah karya seni. Jika ia kritis menilai pekerjaan anda, jangan hancurkan hasil pekerjaan anda. Ini adalah bagian dari pekerjaan. Jika mereka meminta anda untuk mengubah hasil pekerjaan anda, lakukanlah tanpa mengeluh. Bagaimanapun, editorlah yang memiliki keputusan akhir, dan jika anda bersikeras karena anda berpikir anda merupakan yang terbaik di bidangnya bahkan lebih baik dari Michelangelo, maka anda segera akan menemukan diri anda masuk dalam daftar hitam dan bersiap-siap kehilangan pekerjaan. Jika kepribadian anda membuat sulit untuk menjadi pemain tim, lalu opsi lain mungkin untuk mempublikasikan diri. Ini lebih sulit tetapi anda bisa menjadi bos diri anda sendiri.
7. Mememuhi tenggat waktu ( Deadlines )
http://www.pouted.com/wp-content/uploads/2015/09/alarmclock_fmt.jpeg
Mendapat pekerjaan? Jangan lewatkan tenggat waktu. Jika ada satu hal yang akan membuat marah atasan anda, itu adalah batas waktu yang terlewat. Hal ini benar terutama jika anda adalah salah satu roda penggerak dalam sebuah perusahaan penerbitan. Jika anda dipekerjakan untuk menggambar untuk sebuah buku komik, dan kita lupakan batas waktu penyelesaian maka orang lain melewatkan batas waktu mereka (inker, colorist, letterer). Untuk memenuhi tenggat waktu Anda mungkin perlu:
  •  Mengatur jumlah jam yang anda tetapkan setiap hari didedikasikan hanya untuk menggambar komik. Mungkin interval 2 jam tergantung pada berapa lama anda dapat berkonsentrasi. Di sinilah kopi membantu.:)
  •  Membuat thumbnail dari seluruh komik sebelum melakukan versi rinci akhir. Ini membantu anda dengan cepat bekerja di luar masalah komposisi dan menetapkan apa hasilnya akan terlihat bagus atau tidak.
  • Musik cenderung membantu meningkatkan adrenalin dan kreatifitas anda. Dengarkan musik favorit anda sementara anda bekerja. Ini dapat mengganggu bagi sebagian orang tetapi saya telah membuktikan bahwa musik dapat mempengaruhi suasana hati anda. Jika saya ingin menggambar sebuah adegan aksi misalnya, saya mendapatkan sebuah ide jika saya mendengarkan musik rock.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Arsip Blog